PCplus – Di Tiongkok, tanggal 11 November biasanya dikenal sebagai Single’s Day atau Hari Lajang. Selain Hari Lajang, tanggal tersebut juga dikenal sebagai hari festival belanja. Hari festival belanja ini setelah itu menjadi populer dan beredar luas di beberapa tempat, termasuk Indonesia.
Di Tiongkok sendiri di tanggal tersebut biasanya terjadi lonjakan transaksi yang sangat signifikan. Para penyedia layanan e-commerce juga biasanya menghadirkan diskon besar-besaran untuk menarik minat para calon konsumennya.
Nah, di perayaan 11 November tahun ini, Alibaba Group membukukan pertumbuhan transaksi sebesar 32 persen dibandingkan tahun lalu. di festival belanja 11 November 2016 lalu, Alibaba Group mendapatkan pendapatan sebesar US$17,8 miliar.
Daniel Zhang (CEO Alibaba Group) mengatakan, “Festival belanja 11.11 tahun ini merupakan bayangan ritel dari masa depan, dimana hiburan, perdagangan dan keterlibatan interaktif bersatu. Mulai dari pembukaan acara dan semua yang terjadi di festival belanja yang berlangsun gselama 24 jam, kami melihat bagaimana ritel online dan offline akan berkolaborasi untuk membagikan pegnalaman belanja yang baru untuk ratusan juta pengguna kami.”
Dalam festival belanja tahunan tersebut, Alipay, layanan payment gateway milik Alibaba Group, sukses memproses transaksi sebesar US$1 miliar dalam waktu lima menit pertama.
Selain itu, 82 persen dari total transaksi selama hari tersebut, atau setara sekitar US$14,6 miliar juga berasal dari perangkat mobile seperti smartphone dan tablet. Penggunaan perangkat mobile juga meningkat dari 69 persen di tahun 2015 lalu.
Selama hari tersebut Alipay juga memproses lebih dari satu miliar transaksi, serta memproses sekitar 0 ribu transaksi per Media di kondisi tersibuk.
Tanggapan kita
[ad_2]